Inilah 8 Rekor Dunia dari Hewan-Hewan yang Menakjubkan

Fakta Unik, Hewan Unik - 12 Maret 2018, By faktabro

Masalah rekor dunia, ternyata tidak didominasi oleh manusia atau benda-benda mati saja. Jangan lupa bahwa di dunia ini ada makhluk hidup yang namanya hewan juga berhak menyandang status rekor dunia. Hewan-hewan dibawah ini memiliki prestasi yang sangat luar biasa karena ia sudah masuk kedalam guinness world record.

Seperti apa sih rekor dunia yang tercipta dari hewan-hewan berikut ? Sekeren apa sih prestasi mereka, mari kita lihat dibawah.

1. Domba Berbulu Paling Tebal

Domba yang satu ini memiliki bobot bulu wol lebih dari 40 kg. Domba dengan bulu wol super berat ini ditemukan di pinggiran utara kota Canberra, dekat dengan ibukota Australia. Oleh sang penyelamatnya, domba ini lalu diberi nama Chris. Saat ditemukan, hewan ini terlihat kepayahan berjalan karena terlalu beratnya beban bulu yang harus dibawa.

Diperkirakan jumlah bulu wol yang ada di tubuh Chris setara dengan lima tahun bulu domba pada umumnya. Mungkin karena jarang terlihat oleh manusia, bulu yang dimiliki Chris terus tumbuh liar hingga bobot 40 kg. Jika tidak ditemukan, kira-kira berat bulu wol-nya bisa mencapai berapa ya? Sebagai tambahan informasi, rekor dunia pembawa bulu sebelumnya di pegang oleh domba asal Selandia Baru Big Ben yang memiliki berat bulu wol 29 kg.


2. Tanduk Sapi Ternak Terpanjang


Hewan ternak sejenis sapi ini ditemukan di daerah Kansas. Hewan ini yang disebut Bluegrass mempunyai panjang tanduk keseluruhan mendekati angka 2.7 meter. Karena panjangnya yang fantastis tersebut, Bluegrass mencatatkan rekor dalam Guinness World Record pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Peternak Tanduk Panjang Texas.

Joe Sedlacek, seorang peternak sekaligus pemilik Bluegrass dengan tanduk terpanjang tersebut mengatakan bahwa 5 atau 6 generasi masa lalu dari keturunan Bluegrass ini memiliki tanduk yang sangat panjang. Meskipun ia kehilangan kesempatan pada rekor dunia tahun lalu dengan hanya selisih setengah inci , pertumbuhan tanduk tahun berikutnya sudah cukup untuk mengamankan gelar.


3. Sapi Tertinggi di Dunia


Seekor sapi setinggi hampir 2 meter yang bernama Blosom secara resmi diakui sebagai sapi tertinggi yang pernah dibukukan oleh Guinness World Records. Meskipun sudah tidak ada lagi, sapi berbobot 1 ton tersebut pernah diumumkan sebagai pemegang rekor baru di tahun 2014. Blosom mati dalam usia 13 tahun di sebuah peternakan Illinois utara pada tanggal 26 Mei setelah sebelumnya memegang rekor selama kurang dari satu tahun.

Guinness mengatakan bahwa sapi betina berjenis Holstein tersebut akan “Hidup di dalam buku rekor sebagai sapi tertinggi di dunia yang pernah ada. ” Berat rata-rata untuk Holstein dewasa adalah 750 kg serta menghasilkan susu segar paling produktif sebanyak lebih dari 36 ton dalam setahun, menurut Holstein Association USA.


4. Telinga Anjing Terpanjang

Meet Harbor, seekor anjing jenis Coonhound hitam dan cokelat berumur 8 tahun dari Boulder, Colorado, yang kini namanya tercatat dalam buku Guinness World Records karena memiliki Telinga Terpanjang pada anjing hidup. Telinga kiri dan kanannya berukuran masing-masing panjangnya 12,25″ dan 13,5″.

Sebuah fakta unik tentang Harbor, jika telinga kanan dan kirinya digabungkan, maka hasilnya masih lebih panjang jika dibandingkan manusia terpendek di dunia , Junrey Balawing, yang hanya berukuran 23,5″.


5. Kura-Kura Tercepat

Kura-kura cepat yang bernama Bertie ini dapat berjalan pada kecepatan 0.6 mil perjam. Hal ini berarti bahwa kecepatannya dua kali lipat kecepatan kura-kura pada umumnya. Meskipun mungkin dia tidak dapat bersaing dengan Usain Bolt dalam waktu kapan pun, nyatanya Bertie hidup dengan kepuasan dalam kandang mewah bersama pasangannya Shelly. Di tempat itu, dia menikmati makanan ringan favoritnya, strawberry.


6. Ular Terpanjang yang Hidup di Penangkaran

Ular jenis Python ini memiliki panjang 7.67 meter. Ular yang dimiliki oleh Full Moon Productions di Kansas City, Missouri, adalah ular terpanjang yang pernah dikembangbiakan di penangkaran. Ular yang bernama Medusa ini berumur 8 tahun serta mempunyai berat lebih dari 150 kg. Makanan utama Medusa adalah kombinasi dari kelinci, babi dan rusa yang disajikan setiap dua minggu sekali.

Sementara perilaku python pada umumnya dapat menjadi liar dan tak terduga, Medusa lebih toleransi dan hormat terhadap orang lain, kecuali jika lapar, gelisah atau diprovokasi.


7. Anjing dengan Mata Terbesar

Bruschi adalah anjing hitam putih berusia 4 tahun yang tinggal bersama pemiliknya Victoria Reed. Bruschi memegang Guinness World Record untuk kategori “anjing dengan mata terbesar” yang ukurannya mencapai 28mm untuk diameternya. Reed mendaftarkan anjingnya ke Guinness setelah teman-teman, keluarga dan bahkan dokter hewan yang mengomentari mata anjingnya seperti kacamata menggembung.
Segera Guinness menangkap peluang tersebut, lalu menemui Bruschi dan dengan senang hati menganugerahinya dengan gelar rekor dunia.


8. Sapi Terpendek

Pada tahun 2014, sapi yang berusia enam tahun ini dikenal sebagai Manikyam. Dia dikukuhkan sebagai sapi terpendek di dunia oleh tim Guinness World Records. Ketika sapi ini berdiri, tingginya hanya 61.5cm. Manikyam memecahkan rekor sebelumnya, tentang sapi yang tingginya 69.07cm. Sapi tersebut hidup di Atholi, India bagian selatan (propinsi Kerala), bersama dengan pemiliknya, seorang petani dan pengamat lingkungan bernama NV Balakrishnan.

Dia merawat Manikyam sejak baru lahir. Meskipun makanannya sama seperti sapi-sapi lain di peternakannya, Manikyam tidak pernah tumbuh tinggi melebihi dua kaki.

Demikian tadi beberapa hewan yang masuk dalam Guinness World Records. Meskipun ada yang sudah mati, setidaknya pernah tercatat namanya di dalam rekor dunia. Gansis paling suka yang mana nih ?

Inilah 8 Rekor Dunia dari Hewan-Hewan yang Menakjubkan | faktabro | 4.5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *